Hadapi Pandemi Lebih Tenang dengan Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan saat pandemi corona berlangsung bisa membantu ketenangan dalam menjalankan New Normal.

Sejak pertama kali muncul akhir tahun 2019, virus Covid-19 telah menjelma menjadi pandemi global yang telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Sampai vaksinnya berhasil diciptakan, masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi menjalankan kehidupan berdampingan dengan ancaman virus berbahaya itu.

Setiap orang dituntut lebih disiplin menjaga higienitas dan imunitas tubuh agar tak sampai tertular. Mulai dari membiasakan diri cuci tangan dengan sabun, menerapkan social distancing terutama di ruang publik, juga meningkatkan imunitas dengan asupan makanan sehat.

Supaya lebih tenang menjalankan aktivitas di fase New Normal, kamu bisa melengkapi perlindungan dengan asuransi kesehatan. Inilah alasan penting mengapa asuransi kesehatan bisa membantu kamu lebih tenang menghadapi ancaman wabah Covid-19.

1. Asuransi kesehatan melindungi risiko finansial

Kondisi perekonomian di seluruh dunia ambruk karena terhantam pandemi Covid-19. Gelombang PHK terjadi di mana-mana, tak terkecuali di Indonesia. Di tengah masa yang prihatin seperti sekarang, mengamankan kesehatan finansial sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Terapkan gaya hidup hemat dan perkuat perlindungan keuangan pribadi dari risiko-risiko kerugian finansial. Salah satu cara adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa mengelola risiko kerugian finansial apabila sewaktu-waktu terserang penyakit, termasuk penyakit akibat virus Covid-19. Jadi, apabila suatu saat jatuh sakit, kamu tidak perlu risau lagi masalah biaya pengobatan atau perawatan. Dengan begitu, kamu bisa melindungi keuangan pribadi dari guncangan tak terduga akibat serangan penyakit.

2. Pilih asuransi dengan proteksi atas Covid-19

Sejauh ini pemerintah memang memberikan jaminan bahwa biaya pengobatan penderita Covid-19 ditanggung sepenuhnya oleh negara. Namun, bila kamu memiliki asuransi kesehatan pribadi, itu akan lebih baik lagi. Di tengah pandemi seperti ini, ancaman penyakit bukan cuma Covid-19 saja. Penyakit lain juga ancamannya tak kalah berbahaya seperti malaria, demam berdarah, typhus dan lain sebagainya. Jadi, masa New Normal ini bisa lebih tenang kamu jalankan dengan berbekal proteksi kesehatan.

Pastikan kamu memilih asuransi kesehatan yang memiliki manfaat lengkap, mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga bedah dan ICU. Pastikan juga jenis penyakit yang di-cover termasuk Covid-19. Dengan begitu, perlindungan yang kamu miliki bisa lengkap dan memadai.

3. Pahami prosedur klaim asuransi Covid-19

Memiliki asuransi kesehatan bisa membantu kamu mendapatkan akses pengobatan secara cepat tanpa perlu repot menyiapkan dana di depan terlebih dulu. Terutama bila asuransi kesehatan yang kamu pilih memakai skema perlindungan cashless. Nah, supaya asuransi kesehatan yang kamu pilih bisa efektif dimanfaatkan sewaktu-waktu kamu jatuh sakit, pahami tata cara klaim supaya kamu bisa langsung mendapatkan layanan yang kamu butuhkan.

Pertama, bawa dan isi lengkap formulir klaim yang biasanya dapat kamu unduh di website penyedia asuransi. Kedua, minta surat rujukan, hasil pemeriksaan diagnostik dan fisioterapi, diagnosa dokter, resume medis yang ditandatangani dan dicap oleh dokter dan rumah sakit, juga salinan resep.

Ketiga, minta bukti pembayaran perincian biaya obat, tindakan dan lainnya dengan kuitansi asli. Keempat, layangkan klaim ke provider asuransi melalui aplikasi yang disediakan bila tersedia atau mengirimkan dokumen fisik ke alamat  resmi. Biasanya dalam tujuh hari kerja, klaim asuransi kesehatan kamu sudah bisa langsung dibayarkan.

Melengkapi perlindungan finansial di tengah pandemi dengan asuransi kesehatan bisa meringankan tantangan kamu menjalankan hari-hari di tengah ancaman pandemi. Tetap semangat, ya.

Artikel by Allianz Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *